Test Pack = Novel Jorok ??


Test Pack adalah novel jorok itulah yang terpikir di otakku saat melihatnya pertama kali yaitu setelah baca Travelers’Tale lebih tepatnya (aku telat baca -_-, karena novel ini muncul 2005). Persepsiku ini didukung pada saat pertama kali lihat, novel itu berada dalam deretan novel-novel yang memuat cerita-cerita yang mengundang atau bikin orang bayangin hal-hal jorok seperti adegan ranjang dan lainnya.

Tapi ketika baca siapa yang nulis (Ninit Yunita) jelas ada keraguan, masak Mbak Ninit nulis novel jorok? (kpn jd mbak mu?biar sok akrab :D) akhirnya jariku pun bergerak dan mengambil novel itu lalu membawanya ke kasir dan membayarnya. Sudah jelas aku boyong novel ini ke kamar kost. Dan persepsiku yang pertama adalah salah. Keraguanku benar. Novel ini jauh dari jorok. Sama sekali jauh dari kata jorok, memang diceritakan ada adegan ranjang, tetapi diolah dengan menarik dan tidak fulgar, bahkan permasalahan yang diangkat mendorong kita untuk berfikir rasional.

Mengapa? Pasalnya novel ini menceritakan sebuah konflik yang terjadi pada sebuah pernikahan. Terutama pernikahan yang sudah lama tetapi belum mendapatkan momongan. Konflik yang tidak jarang membuat pasangan suami istri memilih untuk berpisah bahkan melakukan sebuah perselingkuhan.

Konflik inilah yang diangkat oleh Mbak Ninit (semoga tidak keberatan tak panggil mbak :D). Konflik yang dialami pasangan suami istri yang yang bernama Arista Natadiningrat yang berprofesi sebagai pengacara dan Rahmat Natadiningrat seorang psikolog. Pasangan tersebut telah menjalani pernikahan selama tujuh tahun belum dikaruniai momongan. Berbagai cara ditempuh pasangan itu untuk memperoleh momongan mulai dari makan taoge termasuk mempraktikkan buku panduan Kamasutra :D.

Dan satu hal ritual yang dimiliki Tata,panggilan Arista yaitu selalu membeli test pack dalam jumlah banyak. Taulah apa fungsi test pack :D. Selama tujuh tahun pernikahan mereka, ritual itu selalu dilakukan. Sampai akhirnya mereka mengetahui emm lebih tepatnya si kakang alias Rahmat Natadiningrat mengetahui terlebih dahulu bahwa dirinya infertil. Padahal sebelumnya Tata lah yang khawatir bahwa dirinyalah yang mengalami infertil.

Yups, di tahap inilah konflik klimaks terjadi. Seringkali pasangan memutuskan sebuah pernikahan karena salah satu tidak mampu memberikan keturunan. Baik laki-laki maupun perempuan. Terkadang juga melegalkan sebuah perselingkuhan karena salah satu pasangan tidak mampu memberikan keturunan.

Namun, melalui novel ini, kita bisa memahami bahwa sebuah pernikahan tidak semata-mata demi memperoleh keturunan, walaupun itu memang menjadi salah satu hasil dari sebuah pernikahan :). Tetapi yang utama bagaimana pasangan tersebut saling memahami dan menerima segala kelebihan dan kekurangan. Tidak semata-mata ganteng, cantik, kaya, sederhana, pintar dan lainnya. Karena ketika semua hal tersebut hilang dari pasangan kita apakah kemudian perasaan cinta kepadanya juga hilang?

Lalu bagaimana kisah lengkapnya? Akan lebih baik jika membacanya. Novel ini bukanlah novel baru, cetakan pertamanya aja tahun 2005. Tetapi di tahun 2011 ini, novel tersebut telah mengalami cetakan yang kesebelas kalinya. Jika tertarik segeralah membelinya ya biar naik cetak lagi dan bikin seneng penulisnya hahahah, (aku kek disuruh buat ‘memasarkan’ ni jdnya :D). Tapi serius! Novel ini jauh dari jorok tapi membuat kita berfikir lebih cerdas :D.

Ket Buku:

Judul                     : Test Pack

Penulis                 : Ninit Yunita

Penerbit              : GagasMedia

Halaman              : xiv + 202 hlm; 13 x 19 cm

cover novel test pack (lama)

novel test pack cover baru

3 responses

  1. ngga keberatan kok dipanggil mbak :)
    terima kasih ya sudah baca test pack. terima kasih atas apresiasinya :)

    1. hihihi,
      terimakasih mbaak, udah mau berkunjung hihihi, :D

  2. […] kesini adalah sinopsis novel test pack, resensi novel test pack yang reviewnya aku tuliskan di sini dan senangnya dikomentarin sama mb ninit hehehe, (Sukses buat filmya ya mb ninit, tapi belum sempet […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: