Ketika Mang Burjo Manfaatkan Tarif Komunikasi Murah


Semakin meningkatnya perkembangan teknologi saat ini semakin memudahkan masyarakat. Perkembangan teknologi ini mempengaruhi perkembangan di sektor lainnya.

Sebagaimana perkembangan tarif telekomunikasi saat ini yang semakin murah. Hal ini juga mendorong harga alat komunikasi yaitu handphone atau telephone seluler alias hape semakin terjangkau oleh masyarakat.

Hampir semua kalangan masyarakat memanfaatkan alat komunikasi ini. Tidak hanya di perkotaaan tetapi juga di pedesaan. Tidak hanya pekerja kantoran  atau mahasiswa saja tetapi tukang sayur, tukang buah, penjual lotis, penjual angkringan, bahkan tukang ojek dan pengamen juga menggunakannya.

Terlebih dengan adanya tarif sms maupun telephone yang semakin murah para pengguna hape alias konsumen hape dan juga pulsa semakin kreatif untuk memanfaatkannya.

Misalnya penjual burjo (bubur kacang ijo) khas Bandung, Jawa Barat. Biasanya mereka menjual bubur kacang ijo, nasi telor dengan sambal, mie rebus dan mie goreng serta soda gembira. Banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan dengan menggunakan kios semi permanen. Di Yogyakarta tepatnya di Bantul ada salah satu kios burjo yang menggunakan system delivery.

System delivery itu sistem pesan makanan atau minuman melalui telephone maupun sms kemudian pesanan akan diantarkan ke lokasi atau rumah pemesan. Biasanya yang menggunakan fasilitas ini adalah jenis makanan siap saji. Namun sekarang telah berkembang untuk usaha lain seperti laundry dan lainnya.

Kebanyakan orang malas untuk membeli makan terutama jika cuaca sedang hujan atau lagi sakit. Dan penjual burjo ini melihat peluang tersebut. Tanpa tambahan ongkos antar, akhirnya kios ini banyak mempunyai pelanggan terutama anak-anak kost.

Apalagi tarif telephone maupun sms yang makin murah, tanpa buang-buang energi untuk jalan membeli makan tinggal tekan nomor hape atau kirim sms, makanan maupun minuman akan diantar.

Dan hal tersebut juga membawa manfaat bagi “si empunya” warung. Dari yang awalnya mengantar makanan dengan menggunakan sepeda “onthel” alias sepeda kayuh mang burjo (panggilan anak-anak kost) kemudian dapat membeli sepeda motor. Dari yang awalnya menjual hanya berdua dengan istrinya, akhirnya mempunyai seorang karyawan.

Keberhasilan mang burjo ini juga diikuti oleh penjual soto keliling, masih di lokasi yang sama daerah Bantul, Yogyakarta. Pak Soto (demikian bisanya dipanggil) pada awalnya menjual soto dengan keliling. Tidak hanya soto yang dijual tetapi juga ayam bakar.

Banyak anak kost di daerah tersebut suka dengan soto maupun ayam bakarnya. Awalnya hanya coba-coba sms ke nomor “hape” yang ditulis bapak tersebut di rombong sotonya kemudian direspon bapak itu akhirnya banyak yang keterusan memesan melalui sms maupun telephone.

Usaha bapak soto semakin maju dari yang ,menjual dengan berkeliling kemudian bapak tersebut mampu menyewa kios dan membeli sepeda motor untuk mengantarkan pesanannya. Dari yang awalnya dikerjakan semua sendiri kemudian dibantu istrinya sampai akhirnya memiliki karyawan satu orang.

Ini hanya beberapa contoh orang-orang yang kreatif menggunakan alat komunikasi untuk mengembangkan usahanya. Suka tidak suka tarif telekomunikasi yang semakin murah telah mempengaruhi berbagai sektor. Terutama sektor perekonomian. Tarif yang murah mendorong orang untuk lebih kreatif menggunakannya.

Ini hanya contoh di satu tempat saja. Bagaimana dengan daerah-daerah lain. Masih banyak orang yang menggunakan hape, masih banyak orang yang memakai alat telekomunikasi ini.

Disadari atau tidak tarif telekomunikasi murah telah mempengaruhi peningkatan perekonomian masyarakat dan juga dapat membuka lapangan kerja untuk orang lain. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut telah mempengaruhi upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: