Akses Informasi dengan Bijak


Era digital saat ini semakin memudahkan kita untuk mengakses informasi. Mulai dari akses berita, info kesehatan, info iklan, dan lain-lain.

Media-media untuk mengaksesnya pun semakin beragam. Mulai dari media cetak, elektronik maupun internet. Media cetak dengan banyaknya majalah, koran, tabloid dengan segmen-segmen pembacanya. Media elektronik dengan radio dan televisi. Televisi didukung dengan stsiun televisi swasta maupun tv-tv lokal yang mulai memberikan perannya. Ribuan stasiun radio di seluruh Indonesia. karena di setiap wilayah, kabupaten maupun provinsi pasti ada stasiun radio dengan segmen-segmen tertentu pula. Media internet atau media maya, di sini semakin luas pilihannya. Berita on line, jaringan radio pun bisa didengarkan melalui jaringan internet yaitu via streaming, sehingga tidak mengenal jarak maupun wilayah tempat dapat mendengarkan siaran radio favorit.

Melalui media internet kita pun bisa mengakses musik-musik favorit kita, banyak situs-situs yang mengijinkan kita untuk mengunduh atau men download lagu-lagu yang kita inginkan. Melalui internet kita bisa membuat account e mail yang memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan ke seluruh dunia.

Banyak hal yang kita bisa dapatkan melalui media-media yang ada di sekitar kita. baik media cetak, elektronik maupun media internet. Namun kita harus bijak dalam menggunakannya. Karena tidak semua media memberikan informasinya yang benar-benar baik untuk kita. Kita harus mampu membentuk pribadi yang benar-benar paham dan mampu membaca situasi yang terjadi di sekitar kita. Kita harus mampu membangun benteng untuk menyaring segala sesuatu yang tidak baik untuk kita.

Seperti yang kita tahu era digital memang memudahkan kita, tetapi era digital telah menggiring kita ke arah yang serba instan. Jika kita tidak benar-benar paham apa yang terjadi atau apa yang kita lakukan bukan mustahil kemudahan era digital malah merugikan kita.

Seperti kasus video porno yang sering beredar. Ada kalanya pelaku memang benar-benar sengaja untuk menyebarkannya. Namun tidak sedikit peristiwa yang menginformasikan bahwa video tersebut tersebar luas karena alat untuk merekam (biasanya pada kasus hape) rusak, sehingga pelaku berfikir bahwa perilaku yang direkam di hape rusak tersebut tidak bisa dibuka kembali. Padahal hape rusak kecuali jika hape tersebut dibakar atau dilindas truk, data-datanya masih bisa dibangkitkan kembali. Dan akhirnya terjadilah peristwa heboh “video mesum siswa smp x” tersebar luas. Ini hanya salah satu kasus yang menggambarkan ketidakpahaman atau ketidakbijaksanaan dalam penggunaan media di era digital saat ini.

Ada kalanya kita terpesona dengan segala kemudahan yang diberikan kepada kita tapi seharusnya kita tidak terlena akan adanya kemudahan itu. Segala sesuatu yang kita lakukan harus dilandasi dengan sikap arif dan bijaksana. jangan karena takut ketinggalan jaman tapi grusa grusu atau gegabah dalam mengambil tindakan, yang ada bukannya menguntungkan kita melainkan merugikan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: