Matikan Lampu selama satu jam? (tidak) hanya sia-sia!!


Halah …. Wingi wis sdino mti lmpu.. maeng yo wis sesore.. saiki arp turu nek pteng yo wedi. Hehe…

Sender :

*****

+6281##########

Sent :

27-Mar-2010

20:35:05

Ini udah aq matikan lmpu kmar n kipas angin…. Trus aq mapan turu hehe, nek cah2 kos ra ono seng mateni, sabodo teing

Sender :

Mb ***

+6281329#######

Sent :

27-Mar-2010

20:46:40

Hehe,

Ok2!!

Sender :

Mb ****

+6281#########

Sent :

27-Mar-2010

20:50:13

He..he.. lampu dah dimatiin? Tp tv ttp nyala, mesin cc kulkas jg.. tetangga jg Ndak ad yg mati.. ngirit sejam tp lainnya jor2an, ngaruh?

Sender :

Mb ****

+6281#########

Sent :

27-Mar-2010

21:17:53

Tulisan di atas merupakan respon sms yang coba saya kirim semalam, beberapa menit menjelang “earth hour”. Dimana kita diminta untuk mematikan lampu dari pukul 20.30 hingga 21.30.

Sms saya seperti ini:

Earth hour! Ayo2 lampuy pd dimatikan, cm mpe jam stngh 10, sejam doang! Ayo2! Ngirit gt! Hemat!

Delivered to:

*****

081############

Date and time :

27-Mar-2010

20:29:05

Ada beberapa teman, sahabat sekaligus saudara yang saya kirim sms tersebut. Namun yang merespon hanya 4 orang yang mana semua kakak-kakak saya. Yang lain kemungkinan pulsa sedang habis jadi tidak dibalas (husnudzon kan lebih enak hehehe,)

Beberapa sms tersebut saya balas sampai akhirnya saya ketiduran hehehe, jadi saya matiin lampunya gak cm satu jam tapi 2 jam lebih.

Sms pertama saya balas,

Woo dasar gendut, ra ndukung program global warming hehehe, ayo ngopi. *saya panggil kakak kandung saya ini dengan sebutan gendut walaupun gak gendut banget tp dia lebih gendut dari saya hehehe, semoga saja tetep gendut soalnya kalau kurus gak pantes hahaha, peace ndut  ^_^v *

Trus dibales,

Jane yo ndukung tapi P*N nyebahi. Kowe ngopi aku mangan alpukat. Eh kopi campur alpukat kira2 piye yo *tu kan, udah tw gendut, malah makan alpukat, aturan alpukat itu buat saya hehehe,*

Balasan selanjutnya tidak usah dibahas karena sudah dapat ditebak tidak lagi membahas earth hour melainkan kira-kira kalau alpukat dicampur dengan kopi gimana rasanya hehehe,😀

Sms kedua saya balas,

Sabodo teing? Apo kuwi? Kalau twing tau hahahaha,

Sms ketiga dan keempat tidak saya balas karena saya sudah ketiduran hehehe,

Sekedar mengingatkan EARTH HOUR adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, berupa inisiatif global yang mengajak individu, praktisi bisnis, pemerintah, dan sektor publik lainnya di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu (hanya) dalam 1 jam. Di Indonesia sendiri dimulai pada tahun 2009. Dan ini adalah tahun ke dua Indonesia berpartisipasi di dalamnya.

EARTH HOUR berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan agar dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat membantu menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang mudah sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik. Untuk lebih jelasnya silakan klik di https://www.earthhour.org/

Kembali kepada permasalahan sms-sms saya tadi hehe, yang menarik adalah bagian Wingi wis sdino mti lmpu.. maeng yo wis sesore; P*N nyebahi; nek cah2 kos ra ono seng mateni, sabodo teing; tetangga jg Ndak ad yg mati.. ngirit sejam tp lainnya jor2an, ngaruh?

Dari hal-hal itu saya jadi kepikiran jangan-jangan temen-temen lain yang tidak balas sms saya, karena berfikiran sama juga, yaitu mikir kalau yang matiin lampu cm dia tetapi orang lain enggak yo sama saja. Bahkan mungkin saja orang-orang yang tidak matiin lampu juga berfikir hal yang sama.

Saya kemudian jadi mikir lagi, Wah… kalau sampai semua orang berfikiran seperti itu bisa-bisa gak ada yang matiin lampu dan akhirnya program tersebut gak ngaruh seperti balasan sms tadi.

Dari sms-sms terbut setidaknya kita tahu masih ada yang mendukung program tersebut termasuk saya karena juga mematikan lampu walau cuma kamar kost saya saja hehe, Di luar sana juga pastinya banyak yang matiin meski tidak sebanyak orang-orang yang tidak matiin lampu *karena mungkin untuk bekerja atau bisa saja menganggap kalau hal tersebut tidak ada gunanya :-D*

Program ini sama halnya dengan program yang menyarankan kita untuk membuang satu sampah yang ada di dekat kita, kesannya sepele hanya satu sampah di dekat kita. Jika semua orang tidak berpikiran negatif bahwa hal tersebut si-sia, berapa banyak sampah yang bisa masuk tempat sampah?? Jalan-jalan mesti bersih dari sampah🙂

Begitu juga dengan lampu tadi, seandainya semua orang tidak ragu-ragu atau berfikiran bahwa hal tersebut sia-sia, berapa banyak listrik yang bisa dihemat??

Tetapi yang terjadi adalah orang berfikir bahwa hal tersebut sia-sia lebih banyak daripada orang yang berfikir bahwa hal tersebut akan bermanfaat.

Padahal cuma matiin lampu sejam itu tadi. Cuma sejam lho, ngenet di warnet paling juga cuma tiga ribu lima ratus hehehe, Kenapa kita tidak mengedepankan positif thinking dari pada negative thinking. Kenapa kita tidak berhusnudzon saja daripada su’udzon.

Sedikit saja apapun itu, yang kita lakukan pasti ada hasilnya walau cuma setitik. Jika ada sebuah perkampungan kemudian hanya satu rumah saja yang rajin membersihkan, merawat ruimahnya dengan baik pasti lebih mudah mencari perbedaannya dibandingkan rumah-rumah yang lain.

Anggap saja kita-kita yang sudah ikutan mendukung program tersebut juga menjadi kelihatan lebih bersinar dibanding yang lain *alay gak pha-pha lah, daripada gak hahahaha,*. Biar saja jika orang lain menganggap kita sok idealis, sok peduli, nggaya, dll,

Semoga “earth hour” ini masih akan terus berlanjut hingga masa-masa mendatang, semoga makin banyak orang yang mematikan lampu rumahnya hehehehe, Tetapi silakan saja jika anda masih beranggapan bahwa kegiatan tersebut sia-sia, setiap orang berhak memiliki pendapat sendiri-sendiri, termasuk saya hehehe,

Leave a Reply

