Peringatan Hari Aids Sedunia


Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 1 Desember kita memperingati Hari Aids sedunia (HAS). Banyak hal sebenarnya yang menjadi sorotan masyarakat maupun media terkait hari aids. Ada sebagian menganggap bahwa peringatan HAS merupakan tanda atau dianggap mendukung adanya AIDS.

Hal ini kemudian dibantah oleh salah satu anggota Jaringan Peduli HIV/AIDS (Jari Mulia), Aditya Rahman yang mengatakan bahwa peringatan HAS merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat bahwa AIDS masih ada dan mengancam siapa saja. “Padahal belum ada obatnya. Sehingga perlu kesadaran semua pihak untuk mencegah penularan HIV/AIDS dimulai dari sendiri.”tegasnya.

Kepedulian terhadap Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) bisa diwujudkan dalam bentuk pencegahan penularan dimulai dari diri sendiri. Mulai dari hindari seks bebas tanpa kondom, penggunaan jarum suntik secara bergantian, dan lainnya.

Selain itu yang perlu diingat kita hanya perlu menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan tertularnya HIV/AIDS tetapi tanpa perlu menjauhi penderitanya. Tak jarang banyak orang yang yang salah kaprah bahwa ketika berjabatan tangan dengan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) akan menular, sehingga mereka cenderung dijauhi.

Jadi mari kita jauhi penyebab HIV/AIDS mulai dari diri sendiri tetapi jangan jauhi para pengidap atau ODHA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: