Angkringan


Angkringan adalah salah satu tempat favorit anak kost (sepertinya si :D). Hal ini lebih karena, makanannya yang murah dan asyik buat nongkrong alias ngobrol. Di Yogyakarta sendiri ada banyak pilihan lokasi angkringan favorit. Biasanya angkringan itu, dimanapun lokasinya, pasti selalu abis apapun yang dijual. Gorengan, nasi kucing, sate ati ayam, sate usus, dan lainnya.

Angkringan yang banyak dikunjungi biasanya ada beberapa pertimbnagan. Mulai dari lokasi yang luas, makanan yang enak, makanan yg murah dan lainnya. Ada beberapa angkringan yang sepertinya perlu dikunjungi🙂

Bagi yang suka wedang jahe tapi suka yang jahe asli. Jahenya digepuk atau digeprek buka jahe instan. Ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungi :

Angkringan di depan Kantor camat Umbulharjo, daerah Glagahsari. Di sini wedag jahe nya rasanya mantab. Jahe dibakar dulu kemudian digeprek. Yang membuat lebih khas, wedang jahenya diberi gula jawa, jadi rasanya semakin mantab🙂. Bisa juga dicoba teh jahe maupun susu jahe. Jika tidak terlalu suka jahe bisa dicoba wedang tape, teh, jeruk anget, lemon tea🙂, kopi. Untuk makanannya, banyak pilihan, ada nasi kucing, nasi oseng-oseng, nasi goreng, gorengan. Bisa juga pesan mie rebus. Untuk mie rebus, sepertinya si penjual memperhatikan efek buruk dari mie instan. Bukannya apa-apa, si penjual biasanya setelah merebus mie, air rebusannya dibuang kemudian diganti dengan air panas baru🙂

Ada juga angkringan Pak Jiyo (kalau tidak salah hehe,) lokasinya di dekat Stadion Mandala Krida kira-kira 300 meter. Disana ada juga wedang jahe yang jahenya digeprek tetapi rasanya masih kalah dengan angkringan yang sebelumnya. Keunggulannya, disini kita bisa membakar semua yang mau dimakan hehe, termasuk gorengan pun bisa dibakar hehe,

Sementara untuk yang jahe geprek🙂 sekian dulu, mungkin nanti bisa ditambah lagi infonya hehe, Angkringan yang sudah cukup terkenal di Jogja adalah angkringan tugu. Seperti namanya, lokasinya dekat stasiun tugu. Di sini tidak hanya satu angkringan saja tetapi banyak pilihan. Satu deret hehehe, Di sini semua angkringannya menjual kopi jos. Kopi jos?? ya begitulah, jos bersal dari arang yang sudah dibakar kemudian di masukkan ke dalam segelas kopi panas. Kopinya biasanya kopi tubruk alias kopi item hehe,. Sebenarnya kopinya tidak terlalu kental dan pahit. Biasa aja, yang membuat istimewa adalah si arang yang dimasukkan itu tadi.🙂

Kalau berbicara kopi, saya akan sedikit menyinggung di angkringan Blandongan🙂. Di sini kopinya bener-bener mantab. Kopi itemnya hanya segelas atau secangkir kecil udah bikin merem melek pahitnya. Begitu juga kopi jahenya, jahenya digeprek juga si, tapi tetep pahitnya bikin merem melek hehe,. Di blandongan juga ada jahe geprek, susu jahenya mantab!🙂. Untuk makanan, di sini juga banyak pilihan. Untuk makan nasinya di sini prasmanan, jadi ya ambil sendiri.🙂

Ada lagi angkringan wijilan. Seperti namanya angkringan wijilan ada di Jl. Wijilan daerah yang banyak gudeg nya. Tepatnya di depan toko abon dan oleh-oleh 37 (semoga tidak salah)🙂. Kalau di sini yang paling khas adalah teh tubruk gula batu. Teh panas yang kemudian menggunakan gula batu bukan gula pasir. Untuk minuman lainnya, standar angkringan lainnya, jeruk, teh, kopi, jahe (tapi bukan jahe geprek). Untuk makan, di sini lebih lebih lengkap. Karena tidak sekedar nasi kucing. Tetapi makan secara prasmanan. Dimana banyak pilihan lauknya. Ada pecel, sayur lodeh, oseng-oseng kacang, oseng-oseng kikil, telur, ayam, sate ayam, sate usus, sate ati ayam, dan masih banyak lagi. Camilannya pun juga banyak pilihan, ada gorengan, terang bulan, kacang goreng (kulit), semangka, pisang rebus, buah pisang, dan lain-lain🙂

Penasaran?? Silakan cari lokasinya, dan cobalah hehehe, Kalau yang sudah pernah ke sana, silakan tambahkan informasi yang belum saya tuliskan di sini😀

7 responses

  1. […] juga artikel ini di sini* Tweet 0 Comments Categories: Uncategorized,coretan Tags: angkringan, tempat hang out, tempat […]

  2. waaaaaa…..kapan2 ajak aku ke angkringan2 itu ya diann… hawhawhaw😀

    1. wkwkwkwkwkwk,
      hahahahahahahaha,
      tertarik kau rupanya teman :))

  3. ahahahahay,
    thank’s yaks😀

  4. mau juga nih nyobain angkringan yang favorit
    tunggu undangannya ya…

    salam sehati

    1. terimakasih sudah berkunjung balik hehehehe,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: