Film Hope, Cermin Harapan untuk Indonesia (bag-1)


Hope adalah sebuah film dokumenter karya Andibachtiar Yusuf. Kebetulan kemarin, Kamis (13/1) di kampus ada road show film tersebut, hasil kerjasama Kine Klub UMY dan Bogalakon Picture.

Awalnya aku tidak tahu kalau film tersebut adalah film dokumenter, dan aku pikir film dokumenter akan membosankan, tetapi lain dengan film ini. Sangat cocok untuk remaja, mahasiswa pokoknya generasi muda. mengingatkan tentang nasionalisme, tenantang apa yang sudah dilakukan untuk negeri ini.

Sebelumnya berkomentar soal film tersebut, aku ceritakan dulu bagaimana sekilas film itu. Film HOPE terdiri dari tiga bagian.

Bagian pertama, dengan judul The Majorities.. To Die For .. Bagian ini diawali tentang partai politik (parpol) di Indonesia, dimana rakyatnya ada yang apatis, tidak peduli dan cuek dengan hal itu disebabkan salah satunya karena bingung mau memilih yang mana, jadinya golput dech waktu pemilu. Tetapi ada juga yang (sangat) loyal, diceritakan di film ini sampai berani mati demi membela parpol yang diikuti. Hal ini dapat dilihat pada waktu akhir bagian ini, ketika salah satu pendukung ditanya “Sampai kapan mengikuti partai ini” Dia jawab, “Sampai mati!”. Selain itu digambarkan juga komentar-komentar masyarakat terkait pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah (banyak negatifnya si :D)

Bagian kedua tentang The Minorities, diceritakan tentang saudara-saudara kita, warga keturunan Cina yang memainkan Barongsai. Dimana selama 32 tahun mereka tidak bisa memainkan barongsai, setelah bisa main, mereka hadis-habisan mengharumkan nama Indonesia dengan menjuarai kompetisi barongsai sedunia. Minoritas yang terkdang justru selalu membawa keharuman bagi bangsanya🙂

Bagian ketiga The Nation, pada bagian ini menampilkan Pandji Pragiwaksono dan Otong, vokalis grup band KOIL. Mereka berdua mengungkapkan pendapatnya tenantang Indonesia dari sudut pandang yang berbeda.

*gambar diambil dari festivalfilmdokumenter.org*

bersambung…

One response

  1. […] Inilah komentar saya untuk Film Hope yang sudah saya singgung pada tulisan sebelumnya. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: