Biar Gak Gaptek beberapa Istilah dalam Ponsel


Seringkali kita mengatakan soal format file mp3, mp4, midi, dan lainnya yang ada dalam ponsel atau telepon genggam atau handphone. Tetapi kita tidak paham apa maksudnya, bisa jadi karena gaptek (gagp teknologi) termasuk saya🙂. Menyalin dari sobekan sebuah media cetak yaitu tabloid pulsa sehingga saya tidak tahu tabloid tersebut edisi berapa hehe, setidaknya dapat dijadikan sedikit pengetahuan walau belum terlalu rinci, dan inilah penjelasannya :

MP3 adalah format MPEG Audio layer 3 yaitu format audio yang paling dikenal para pengguna ponsel. Sebuah file mp3 mempunyai bitrates dari yang paling rendah yaitu 32 kbits/detik sampai ukuran 320 kbits/detik.

MP4 merupakan file video yang sering ditemukan dalam handphone. Aplikasi ponsel yang cocok untuk membuka file jenis ini adalah real one player, pvplayer, smartmovie yang dilengkapi codec mp4.

3GP merupakan file video standar yang digunakan dalam telepon genggam. File ini merupakan hasil dari rekaman video melalui sebuah ponsel.

MIDI berasal dari kata Musical Instrument Digital Interface yaitu file suara yang hanya terdiri dari alat music. Format audio ini hanya cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atau peranti elektronik lainnya. Tetapi tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat. File dengan format ini berukuran kecil dan sering digunakan dalam ponsel sebagai ringtone.

WMV berasal dari kata Windows Media Video merupakan file video yang dapat dibuka pada ponsel-ponsel berkategori smartphone berbasis windows. Di computer file WMV dapat dibuka dengan aplikasi windows media player.

AAC akronim atau singkatan dari Advanced Audio Coding. Kualitas audio music dalam format ini cukup baik bahkan dalam bitrate rendah. iPod, pemutar music digital portable dari Apple adalh peranti terkemuka pendukung format ini.

AVI singkatan dari Audio Video Interlaced merupakan file video yang biasa dibuka di ponsel dengan menggunakan smartmovie atau dvixplayer. Di computer AVI dibuka menggunakan windows media player.

WAV yaitu Waveform audio format, merupakan salah satu format audio yang digunakan dalam ponsel. Standar format audio ini dikembangkan oleh Microsoft dan IBM. File dalam format ini biasanya berukuran besar karena tidak dikompresi.

AMR kepanjangan dari Adaptive Multi Rate yaitu jenis audio codec yang terkompresi. Hasil rekaman dalam ponsel biasanya berformat AMR. Kualitas suara yang dihasilkan kurang bagus namun dapat dikompresi dalam format MP3.

WMA yaitu Windows Media Audio. Salah satu format yang ditawarkan oleh Microsoft. Kualitas mucik yang ditawarkan oleh format WMA lebih baik dibandingkan MP3. Peranti lunak dan keras terbaru umumnya mendukung format ini. Namun dukungan ponsel belum seluas ponsel.

3 responses

  1. woohoooo… akhirnya diupdate juga blog-nya😉

    1. wkwkwkwkwkwkwkwk,
      aku lagi males update, ini juga ketikan nemu di flash disk :p

  2. walaupun g tahu definisinya tapi mudeng ya penggunaannya… he he he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: