Musik itu Masalah HATI


Musik bagi saya adalah teman di setiap suasana. Suasana sedih, senang, patah hati, marah bahkan galau. Sendirian, bersama pacar maupun ngumpul bareng teman-teman. Musik bisa terdengar dari mana saja, sedangkan jenis musik emm saya kurang tahu terkait hal ini heheh,

Terus apa yang akan saya bahas? Sebenarnya saya hanya ingin menuangkan isi hati saya *eeaa😀 Saya menyukai berbagai jenis musik, mulai dari pop, jazz, rock, rap, dangdut pun suka. Tetapi hanya yang menurut telinga, hati dan perasaan saya saja. Saya menyukai suatu jenis musik maupun lagu berdasarkan keinginan dan kesenangan semata. Kalau dangsut saya menyukai dangdut tahun 90an (jamannya Evie Tamala, Manis Manja Grup, Erie Susan, Ikke Nurjanah, Imam S. Arifin, Asep Irama) karena dulu sering melihatnya di #AlbumMingguKita Dangdut TVRI😀 kalau dangdut saat ini apalagi dangdut koplo aaah, saya tidak menyukainya, HATI saya menolaknya *eeaa😀

Selama ini saya bukan merupakan seseorang yang fanatik terhadap satu jenis musik, penyanyi, grup vokal, maupun band tertentu. Bagi saya apa yang cocok di telinga, baik bagaimana musik tertebut maupun liriknya dan perasaan saya lebih meenang mpengaruhi mengapa saya menyukai suatu jenis musik.

Saya senang menyanyi tetapi lebih untuk kesenangan diri sendiri. Saya bukan jenis orang yang mampu menghafalkan nada, tempo maupun lirik lagu yang baik. Entah kenapa, saya kesulitan hehe,

Belakangan selama saya di Yogyakarta, saya justru menyukai band-band indie. Dimana Jogja menurut saya adalah surganya para pemusik indie. Ada radio-radio tertentu yang memutarkan musik-musik dari band indie. Saya tidak mampu menilai bagus tidaknya sebuah musik. Dinilai dari faktor apa saya juga kurang tahu.

Tetapi belakangan yang saya pahami mengenai musik yang saya sukai selain instrumental yang tentu tidak ada liriknya adalah musik-musik atau lagu-lagu yang memiliki lirik yang penuh makna. Terkait manusia dengan penciptanya, permasalahan sosial, lingkungan, kritik sosial terkadang lebih saya berikan perhatian lebih dibandingkan jenis musik-musik melayu yang terkadang dibilang jenis musik yang menye-menye. Musik menye-menye lebih sering membahas masalah-masalah percintaan antar manusia, kegalauan, perselingkuhan. Paling banyak tema patah hati daan perselingkuhan.

Tetapi walaupun begitu bukan maksud saya untuk merendahkan atau meremehkan. Bagi saya apa yang mereka hasilkan (musik menye-menye) itu adalah sebuah karya yang pelu mendapat apresiasi. Mengapa? Karena saya tidak bisa menghasilkannya heheh, Intinya tidak setiap orang memperoleh kesempatan yang sama seperti mereka.

Terlebih band-band indie, tidak setiap orang mennyukainya. Secara mereka lebih banyak dikenal di lingkungan lokal dan biasanya disukai oleh orang-orang yang benar-benar memahami dan menyukai musik. Yang jelas band-band indie tidak memili sponsor manajemen seperti halnya musisi atau band-band yang dibilang sebagai musisi nasional yang memiliki label yang membantu produksi album mereka.

Sementara musisi atau band-band indie seringkali tidak memiliki label ketika memproduksi album atau karya musik mereka. Bahkan tidak jarang yang menyebarkan gratis melalui internet karya-karya mereka. Salah satunya adalah musisi favorit saya yaitu Adhitia Sofyan. Dia adalah salah satu musisi yang lagu-lagunya selalu ada di MP4 saya *eeaa😀.

Ada juga yang menjual album mereka secara on line melalui jejaring sosial. Meskipun berawal dari indie dan tidak memiliki label yang menaungi bukan berarti band-band tersebut tidak memiliki prestasi. Mereka mungkin tidak memperoleh penghargaan-penghargaan musik yang ada di negeri sendiri. Tetapi para musisi indie tersebut justru banyak yang memperoleh penghargaan di luar negeri. Salah satunya adalah Bangkutaman, mereka menjadi band terbaik seAsia Tenggara.

Jadi apapun musiknya yang penting HATI senang dan bahagia *eeaa :))))

Februari 2012

diankp

😀

Leave a Reply

