Menulis Buku Tidak lagi Menjadi Impian


Menulis Buku Tidak lagi Menjadi Impian

Menulis Buku Tidak lagi Menjadi Impian

Judul : Kitab Writerpreneur : Jangan (Takut) Jadi Penulis!

Penulis : Sofie Beatrix

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Cetakan pertama : September 2011

Halaman : 155 hal

Menulis sebuah buku dianggap sebagai sebuah momok (baca : masalah besar) bagi seorang penulis pemula. Sebagai seorang penulis pemula, mampu menulis banyak buku atau bahkan walau hanya sebuah buku hanya menjadi impian. Nah, Sofie Beatrix melalui bukunya ‘Kitab Writerpreneur : Jangan (takut) Jadi Penulis!’ ini ingin membantu para penulis pemula untuk mewujudkan impiannya menulis sebuah buku.

Melalui buku setebal 155 halaman tersebut, Sofie mengupas bagaimana seorang penulis memulai aktivitasnya menulis. Buku tersebut tidak seperti buku-buku tentang menulis lainnya yang hanya sekedar memberikan teori-teori yang terkadang menjemukan. Namun Sofie juga memberikan tantangan langsung bagi pembaca sehingga pembaca langsung bisa mempraktikkan latihan yang diminta. Latihan tersebut diberikan mulai bab 2.

Pada Bab 1 Sofie memberikan pengetahuan bahwasanya untuk menjadi seorang penulis yang mahir memerlukan perjalanan panjang. Perjalanan panjang yang dimaksud adalah dengan banyak berlatih. Jika terus berlatih dan mencoba terus-menerus maka akan sampai pada tahap mahir attau expert (hal. 3).

Bab 2 memberikan gambaran mengenai alasan pentingnya menulis buku dan motivasi untuk menulis buku. Alasan-alasan tersebut misalnya menulis dapat mengurangi stres, membantu menemukan jalan hidup, meningkatkan percaya diri, semangat, dan komitmen. Kemudian menulis juga disebutkan akan membuat seorang penulis untuk mencari dan memperkaya inspirasi, menulis juga dapat mendatangkan passive income, meningkatkan kreativitas, dan menyimpan memori. Selain itu pada bab ini Sofie mulai memberikan tantangan dimana pembaca diminta untuk menuliskan apa motivasinya dalam menulis buku (hal. 6-12)

Bab 3 diberikan tentang pentingnya agenda kerja dalam menulis buku. Hal ini diperlukan agar nantinya seorang penulis lebih termotivasi dan lebih disiplin dalam menyelesaikan tulisannya. Lagi-lagi Sofie memberikan tantangan bagi pembaca untuk menuliskan agenda menulisnya. (hal. 13-17)

Bab 4 dijelaskan mengenai model tulisan antara fiksi atau nonfiksi. Model tulisan mana yang paling cocok itulah yang akan digunakan saat akan menulis sebuah buku. Dalam bab ini latihan justru diberikan lebih banyak. Pembaca diminta untuk menuliskan diary, puisi, resensi buku serta tips. Selain itu untuk menentukan model tulisan yang paling cocok, pembaca juga diminta untuk mencari tahu model tulisan apa yang paling cocok untuknya dengan bertanya kepada orang lain. (hal. 19-36)

Nah, mulai bab 5 hingga bab 12 disinilah step menulis hingga cara agar nantinya buku menjadi laris dijelaskan. Berbagai cara dikupas dalam bab-bab tersebut. Mulai dari bagaimana menemukan ide tulisan,  lalu alat bantu apa yang bisa digunakan untuk mengembangkan ide tersebut. buku tersebut tidak hanya membantu tahapan dalam menulis saja tetapi juga membantu bagaimana menentukan judul yang kira-kira menarik dan menjual.

Di bagian-bagian akhir bukunya tersebut, konsultan penulis tersebut juga memberikan tips-tips untuk mengajukan buku kepada penerbit. Bagaimana membuat surat pengantar kepada penerbit, sinopsis naskah, biodata penulis yang menarik bahkan memberikan masukan mengenai cover buku yang juga bisa menentukan laris tidaknya sebuah buku.

Akhirnya memang berbagai tantangan yang diberikan buku tersebut benar-benar ‘memaksa’ pembaca untuk menulis tanpa merasa ‘dipaksa’. Sehingga menulis buku tidak lagi menjadi sebuah impian tetapi bisa menjadi kenyataan dengan terus berlatih dan terus menulis.

2 responses

  1. waaaaahhh… nice. kalau tips biar skripsi bisa jd buku itu gimana ya? mohon tipsnya ;D

    1. ngek *keinjek*
      anda itu lbh tau pastinya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: