Apa Passionmu?


Berbicara mengenai passion bisa jadi tidak semua orang memahaminya. Atau jika mengetahui paling hanya sekedar mengatakan tetapi tidak memahami esensi dari kata itu. Untuk mempermudah pemahaman kita mengenai passion ada baiknya mendengarkan lagu dari Nugie yang judulnya ‘Lentera Jiwa’. Lagu ini sebenarnya berbicara mengenai passion. Coba perhatikan saja bagaimana video klip lagu tersebut. Jika belum pernah melihat bisa dilihat melalui youtube.

Saya berikan liriknya, dan perhatikan setiap lirik yang dituliskan secara apik oleh Nugie ini :

Lentera Jiwa

Lama sudah kumencari
Apa yang hendak kulakukaan
Sgala titik kujelajahi
Tiada satupun kumengerti
Tersesatkah aku, di samudera hidup

Kata-kata yang kubaca terkadang tak mudah kucerna
Ooo..ooo…
Bunga-bunga dan rerumputan bilakah kau tahu jawabnya…
Inikah jalanku, inikah takdirku…..

Reff:
Kubiarkan, kumengikuti suara dalam hati
Yang slalu membunyikan cinta
Kupercaya dan kuyakini
Murninya nurani
Menjadi penunjuk jalanku
lentera jiwaku….

Passion bisa kita pahami sebagai sebuah kegiatan yang memang membuat kita senang melakukannya. Meski tidak ada iming-iming uang yang melimpah tetap saja ingin melakukannya. Sebuah kegiatan yang membuat kita merasa bahagia dan puas jika melakukannya. Ada kebahagiaan dan kepuasan.

Seseorang yang bekerja sesuai passion yang dimiliki tentu akan berbeda dengan orang yang tidak memiliki passion. Jika anda memiliki karyawan atau teman yang bekerja sesuai passion nya pasti hasilnya berbeda dengan karyawan atau teman anda yang tidak memiliki passion dalam pekerjaannya tersebut.

Misalnya orang yang memiliki passion fotografi, hasil foto yang dihasilkan tentu berbeda dengan orang yang tidak memiliki passion dalam bidang fotografi. Begitu juga dalam tulisan. Tulisan orang yang memiliki passion menulis cerpen pasti berbeda dengan orang yang memiliki passion menulis opini maupun karya ilmiah.

Passion bisa dipahami sebagai minat seseorang. Itulah yang terkadang muncul sebuah saran sebaiknya kita melakukan pekerjaan sesuai passion yang kita miliki. Karena hasilnya jauh lebih maksimal dibandingkan jika kita melakukan pekerjaan dimana kita sama sekali tidak memiliki minat untuk melakukannya.

Mungkin anda akan mengatakan bahwa kalau seseorang sudah terbiasa melakukannya, ia pasti akan terbiasa. Mungkin hal itu benar. Tetapi pada akhirnya passion orang akan terlihat bagaimana ia mengeluarkan ide dan bagaimana ia menerapkan atau mengerjakannya. Semangat atau tidak.

Jika seseorang memiliki passion dalam pekerjaannya, ia pasti akan selalu semangat dalam mengerjakaannya. Tidak peduli rintangan apapun di depannya. Karena ia memang suka dan nyaman dalam pekerjaannya tersebut.

Tidak setiap orang bisa mengenali passion yang dimilikinya sejak dini. Bersyukurlah jika anda sudah mengenali passion yang anda miliki sejak usia dini. Saya termasuk orang yang terlambat mengenali apa passion saya sesungguhnya🙂

Passion awal saya memang membaca. Membaca apa saja, mulai dari komik, majalah bahasa Jawa, buku bahasa Jawa, novel, koran, buku teks dan lainnya. Namun hal tersebut membuat saya berpikir, lalu kalau suka membaca mau melakukan apa lagi.

Semester kedua kuliah, akhirnya saya menemukan passion saya selanjutnya yaitu menulis. Menulis sesungguhnya membutuhkan kebiasaan. Menulis membutuhkan passion. Karena sesungguhnya orang lancar menulis karena ia memang ingin menulis. Tidak peduli memperoleh bayaran atau tidak.

Saya ingat, seorang teman yang menulis ‘suara mahasiswa’ yang ada di salah satu surat kabar lokal. Saat itu ia tertarik menulis opini karena honor yang saya peroleh saat tulisan saya dimuat di salah satu koran nasional yang memiliki rubrik lokal jumlahnya menggiurkan. Akhirnya ia mengirimkan opininya di surat kabar lokal. Ternyata honornya tidak sesuai harapan dia. Akhirnya ia berhenti tidak menulis lagi. Padahal tulisannya bagus.

Tetapi lagi-lagi karena sepertinya passion nya bukan menulis sehingga ia berhenti. Tulisan saya beberapa kali dimuat di surat kabar lokal, adakalanya tidak saya ambil. Karena tulisan saya dimuat pun saya sudah merasa senang dan bangga. Hal itu mendorong saya untuk menulis lagi.

Jika melakukan sesuatu hanya karena menginginkan sesuatu yang terjadi adalah ketika sesuatu tersebut tidak terpenuhi maka yang diperoleh adalah kekecewaan.

Berbeda jika melakukan sesuatu karena suka dan ingin maka apapun yang diperoleh adalah kebahagiaan dan kepuasan. Kepuasan adalah intinya. Jika kemudian memperoleh hal-hal di luar dugaan itu adalah bonus.
Jadi ada baiknya jika segera mengetahui passion anda sekarang juga, siapa tahu akan mempengaruhi jalan hidup anda selanjutnya 

Nb :
Tulisan ini sesungguhnya sebagai bentuk partisipasi event yang diadakan salah satu sahabat saya di blog namanya Khansa. Kami belum pernah bertemu di dunia nyata, hanya saling berkunjung ke blog masing-masing. Ia membuat persyaratan tulisan yang diikut sertakan berkaitan dengan passion. Apalagi saya juga ingin berbagi tulisan mengenai passion menurut pemahaman saya🙂. Akhirnya inilah tulisan saya, semoga anda menyukainya🙂

7 responses

  1. he..he.. last minute ikutan juga.. seneeeng… tambah bingung milihnya euy…
    btw, aq penasaran ma mb dian deh, fotonya belum ketemu di blog ini.. hikss

    1. hahahaha,
      iyaaa, biar makin rame dan bingung hihihihi, :))
      khansa ada twitter tak?🙂

      1. ada mba Dian.. tapi lagi jarang aktif deh.. he..he.. mpe lupa usernya.. qiqqii.. aq coba buka dulu ya .. nanti mba Dian ku follow.. okeh..😉

  2. hehe… lagi2 aku baca ttg passion😀
    meski kerja tak sesuai passion kalao dijalani dengan lapang dada pasti akan muncul sendiri passionnya😀

    1. wekekekekekekek,
      iya juga sih, tp kalau dr awal melakukannya krn passion tentu jauh lebih mudah🙂

    2. mensyukuri apa yang kita dapatkan ya..^^

      1. @khansa : twitternya udah aku follow balik yaks🙂

Leave a Reply

