Quo Vadis Sepak Bola Indonesia


Tiba-tiba saya ingin berbicara mengenai sepak bola di Indonesia. Entah mengapa kisruh bola ini tidak segera berakhir. Padahal sebelumnya sudah sempat reda ketika prestasi timnas Indonesia menggila di Piala AFF yang berakhir dengan kegagalan mereka di babak final.

Sejak saat itu saya melihat jersey timnas Indonesia banyak sekali yang memakainya. Sejak saya menyukai sepak bola dari tahun 1998 yaitu saat saya masih SD dalam ingatan saya (maaf kalau salah) yang saya tahu sangat jarang atau bahkan tidak ada orang maupun anak-anak yang menggunakan jersey timnas Indonesia. Kalau klub Indonesia memang banyak, seperti Persija, Arema, Persebaya, Persib dan lainnya.

Namun jersey timnas Indonesia saya jamin justru tidak ada. Nah, entah saya tidak paham para petinggi sepak bola itu tidak melihat atau pura-pura tidak melihat atau justru tidak berfikir sampai ke sana. Di saat semua orang bahkan anak-anak begitu mengidolakan permainan para pemain timnas Indonesia justru para petingginya saling mengunggulkan ego masing-masing. Sama-sama dengan alasan demi perkembangan sepak bola Indonesia.

Padahal hanya dengan melihat kekisruhan yang terjadi ini, jelas masyarakat Indonesia bisa melihat ini bukan demi sepak bola Indonesia melainkan demi ego masing-masing. Kapan lagi kita melihat anak-anak sangat menyukai jersey timnas Indonesia. Ketika timnas Indonesia akan bertanding dengan tim-tim luar negeri seperti LA Galaxy dengan bangga mereka mengatakan bahwa timnas Indosia yang akan menang.

Sepak bola seharusnya bisa menjadi pemersatu segala perbedaan yang ada di Indonesia namun sayangnya elit petinggi sepak bola Indonesia tidak mau mendengar dan seakan menutup telinga. Sepak bola telah masuk dalam ranah politik sehingga justru semakin amburadul keadaannya. Entah, sampai kapan. Mau dibawa kemana sepak bola Indonesia?

Terlalu serius sepertinya tulisan saya kali ini🙂

Leave a Reply

