Amien Rais : Ada Dua Kategori Manusia


Buka-buka note di hape tiba-tiba ketemu catatan waktu lagi ngikuti kultum Amien Rais saat ikutan tarawih di Masjid Kampus UGM pada Jumat (20/7/2012). Tepat pas hari kedua tarawih (untuk yang mulai puasa tanggal 19 Juli). Nah, daripada mubadzir, akhirnya aku tulis saja di sini, sekalian berbagi ilmu🙂

Pada kultum tersebut, Amien Rais menjelaskan mengenai keutamaan Q.S Al-Baqarah : 200-202. Dimana dalam ayat tersebut Allah menegaskan bahwa di dunia fana terdapat dua kategori umat manusia. Pertama, adalah kategori manusia yang fokus untuk mencapai kebahagiaan dunia dan melupakan kebahagiaan akhirat. Kedua, ada sebagian kategori manusia yang berdoa untuk kebahagiaan dunia dan akhirat serta dijauhkan dari api neraka.

Nah, ada di kategori manakah kita?🙂

Lebih lanjut Amien mengungkapkan bahwasanya banyak diantara kita (yaitu manusia) karena terpengaruh kepentingan dunia sehingga hamba Allah tersebut tidak melihat kepentingan akhirat. “Hanya diniatkan pada kepentingan duniawi saja tetapi melupakan kepentingan akhirat.”ujarnya.

Nah, pada bulan ramadhan atau puasa terdapat makna penting yang bisa diambil. Menurutnya pentingnya puasa ramadhan dapat mengikit pandangan serba duniawi sehingga dimensi rohani juga lebih meningkat.

“Hikmah puasa dapat mendidik kita mengenai kejujuran. Karena ada malaikat Raqib dan Atid di sekitar kita yang akan mencatat apa saja yang kita lakukan. Selain itu puasa juga dapat menahan hawa nafsu pada apapun.”tambahnya.

Mantan Ketua MPR ini juga sedikit menyinggung mengenai bangsa Indonesia yang menurutnya negara Indonesia masih jauh dari khasanah fidunnya. Hal ini tidak lepas dari banyaknya pengangguran masih merajalela, Sumber Daya Alam (SDA) banyak dikuasai negara asing.

“Padahal kita seharusnya membangun khasanah fidunnya di dunia nyata. Karena bangsa akan sulit menjadi sebuah bangsa yang besar selama SDA itu dinikmati oleh asing dan rakyat hanya memperoleh sediikit saja.”tegasnya saat menutup kultum saat itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: