Cara Membuat Roti Bakar Menggunakan Setrika


Cara membuat roti bakar menggunakan setrika bisa jadi sudah sering didengar🙂 Karena sebenarnya ini termasuk cara jaman dulu (jadul). Tapi yang banyak mempraktikkannya adalah anak indekos a.k.a kost a.k.a numpang🙂 Saya sendiri mengenal cara membuat roti bakar dengan memanfaatkan setrika dari kakak perempuan saya yang pertama. Tetapi waktu itu, dia hanya mengatakan caranya roti dibungkus pakai serbet baru ditekan-tekan menggunakan setrika yang dipanaskan🙂

Nah, akhirnya saya sendiri mempraktikkannya begitu saya mengalami yang namanya indekos🙂 Intinya saya melakukannya sudah berulang kali🙂. Sebenarnya cara ini bukan satu-satunya untuk membuat roti bakar karena kadang-kadang saya juga menggunakan magic com🙂. Hanya saja magic con agak riber karena kita harus menekan tombok ‘cook’ terus-terusan sampai roti benar-benar kering. Jadi paling efektif tentu saja menggunakan setrika #ayey!!😀

Selasa (4/12/12) pagi adalah masa dimana saya benar-benar dompet tipis a.k.a uang menipis begitu pula isi ATM. Karena kiriman dari rumah habis sementara honor nulis belum saatnya dibayar *eeaa😀. Bangun tidur adalah saat dimana perut benar-benar sangat lapar, rasanya ingin ngemil atau bahkan pengin makan nasi. Sebenarnya saya pengin bikin mie instan, sayangnya stok mie saya habis! Makanan yang ada hanyalah roti tawar yang entah tanggal berapa kadaluwarsanya, saya pun lupa haha,😀

Bisa jadi sudah lewat tanggal kadaluwarsa, secara roti tampak keras dan sepertinya kurang nikmat dimakan. Tapi roti itu tidak berjamur dan baunya pun masih roti hehehe, yaah, jadi saya anggap roti itu AMAN!! Akhirnya saya putuskan untuk membuat roti bakar, setidaknya roti jadi hangat dan empuk. Kebetulan masih ada susu coklat cair untuk topping nya *eeaa bahasanya😀

Awalnya saya mau menggunakan magic com, sayangnya magic com saya kotor sementara sabun cuci piring saya habis. Kalaupun saya cuci, maka saya harus menunggu lumayan lama padahal perut saya tidak bisa diajak kompromi. Akhirnya saya putuskan untuk menggunakan SETRIKA!!😀

Kalau anda sudah biasa mengetahui cara ini maka anda boleh mengabaikan apa yang saya tulis. Namun jika belum pernah maka anda bisa membacanya bahkan kalau mau mempraktikkannya juga boleh😀

  • langkah pertama, siapkan kertas putih bisa HVS atau kertas lainnya, yang penting terlihat bersih dan tidak ada tulisan, takutnya tulisannya bisa luntur ke roti🙂
Kertas dan Tissue sebagai Alas

Kertas dan Tissue sebagai Alas

  • langkah kedua, siapkan kertas tissue untuk melapisi kertas sebelumnya. Setidaknya kertas tissue memastikan lingkungan yang lumayan bersih untuk si roti😀
  • langkah ketiga, siapkan roti tawar satu bagiannya.
Roti yang sudah diberi susu

Roti yang sudah diberi susu

  • langkah keempat, siramkan susu coklat, selain atau apapun sesuai selera anda di sebagian roti tersebut.
  • laangkah kelima, tutup dengan satu bagian roti lainnya. Sehingga jika nanti ditutup kertas tissue maka tidak langsung mengenai si roti🙂
Ditutup dengan satu bagian roti lainnya

Ditutup dengan satu bagian roti lainnya

  • langkah keenam, tutup roti menggunakan kertas tissue
Tutupi dengan kertas tissue

Tutupi dengan kertas tissue

  • langkah ketujuh, tutup dengan kertas lainnya
Tutup dengan kertas

Tutup dengan kertas

  • langkah kedelapan, letakkan setrika yang sebelumnya sudah dipanaskan di atasnya.
Setrika panas kemudian diletakkan di atasnya

Setrika panas kemudian diletakkan di atasnya

Nah, pastikan sambil membolak-balik roti agar panas merata dan roti juga kering merata. Di saat saya membolak-balikkan roti saya kemudian membuat secangkir susu coklat, yah biar sarapan lebih lengkap🙂. Sepasang roti pertama sudah saya habiskan terlebih dahulu karena saya sudah telanjur lapar. Sayangnya roti bakar yang kedua emm agak gosong tapi nikmat!! Sumpah!! Roti saya tidak keras, tapi empuk, hangat dan membuat saya kenyang!!. Sarapan Istimewa😀

Sarapan Istimewa :D

Sarapan Istimewa😀

p.s : Jangan lupa untuk membersihkan lapisan setrika setidaknya dilap dulu🙂

p.s.s : cara ini sangat tidak cocok bagi orang-orang pecinta kebersihan :))))

p.s.s.s : Maaf terlalu banyak menggunakan kertas😦 lain kali saya akan menggunakan sapu tangan khusus atau serbet🙂

30 responses

  1. hahahaa.. kereeeeennn

    1. praktikkan dit!!😀

    1. hehehe,
      jangan lupa praktikkan😀

  2. wahhhhhhhhhhhh pinter2,GOOD I DEA.pakai seterikan,lebih irit end murah meriah.heheheheroti setrika tetap nimat,bisa ngalahi roto bakar edy doooooong.

  3. wkk.. mantaps bgt nehhh idenya.. langsung praktekkan!!!

    1. wohohohoho,
      silakan-silakan😀

  4. assalamu’alaikum
    huaa.. he..he.. idenya mantap.. hai, pa kabar?

    1. wa’alaikumussalam…
      alhamdulillah kabar baik mbak, kemana aja kok lama gak kelihatan ni🙂

  5. […] sekalian *eeaa sok punya pembaca setia hehehe, Jadi setelah sebelumnya saya berbagi cerita tentang membuat roti bakar menggunakan setrika maka kali ini saya akan bercerita bagaimana menggoreng telur menggunakan magic com. Apa? Magic com […]

  6. heehhehe, lucu bacanya seneng jadi penasaran ni pengen praktik hehehhe, anak kos emang pinter cari solusi hehehheh

    1. hehehe,
      betul2 harus kreatif hehehe,

  7. […] bisa mengetahui berapa orang yang membaca tulisan tersebut . Begitu pula yang membaca postingan membuat roti bakar menggunakan setrika […]

  8. terimakasih, sangat bermanfaat bagi saya anak kost…….

    1. sama-sama, terimakasih kunjungannya🙂

  9. Ndak ada gambarnya ya.. ndak bisa membayangkan nih cara menyetrika… biasa cuman strika baju

    1. lhoo, ada gambarnya lho itu🙂
      coba di refresh lg pas bacanya🙂
      terimakasih sudah berkunjung🙂

  10. keren hahha, sebagai anak kostan patut dicoba😀

    1. betuul itu, silakan dan harus dicoba hehehe,
      terimakasih sudah berkunjung🙂

  11. […] Cara Membuat Roti Bakar Menggunakan Setrika | read … – Cara membuat roti bakar menggunakan setrika bisa jadi sudah sering didengar Karena sebenarnya ini termasuk cara jaman dulu (jadul). Tapi yang banyak …… […]

  12. hahaha kerennn cobain ahhh ntar hihihi bisa buat jualan di kost😀

    1. hehehe, silakan dicoba, tp masak dijual?😀

  13. rasanya aku mau memeluk mu!!!! ikut suami ke negeri yang semacam jakarta tempo 70-an. Gak ada yg jual mentega, meses, nutella, bahkan selai coklat merk lain pun gak ada — jajanan warteg yg nyangkut di lidah cuma lele (raksasa), sisanya menurut saya kok “babik banget”… mana ada balita yg musti makan 4x sehari!!! yes, memulai program setrika roti saja berkat anjuran muu!! horeee

    1. Wooo!!! selamat!! ikutt seneng😀

  14. astaga, selama ini saya kira membuat roti bakar pakai setrikaan itu hanyalah mitos. dan detik ini mitos itu terpatahkan.

    luar biasa. ide yg brilian. pengen coba jadinya

    1. Hehehehe, silakan dicoba kak🙂

  15. aihi hi hi.., kleting ngakak bacax.., jd pingin ikutan praktik ni mbk…, tak cobaen sesuk., he he

  16. eh sumpah saya ngakak baca ini😀😀
    Yawla, ide anak kos ada-ada aja ya wkwk. Btw artikel ini berguna sekali hahaha nambah pengetahuan saya nih.
    Lumayan bisa dicoba-coba kalo kepepet wkwk.
    Tadinya searching bisa gak sih goreng telur pake magicom di artikel mbak yg satunya…
    eh gataunya iseng klik artikel ini wkwkwkw.
    Mana hasil roti bakarnya sempurna lagi, keren lah pokoknya wkw. Itu pake bl*eband gak pas di panasin pake setrika? Kok keren gitu wkwkwk.
    Teruskan yaaa berbagi infonya.
    Salam kenal.

    1. hehehe,😀
      itu gak pake blue band atau margarin lainnya, cuma roti plus susu, soalnya pas bikin itu adanya cuma roti plus susu coklat hahaha,
      yups!!
      salam kenal juga, terimakasih sudah berkunjung🙂

Leave a Reply

