Rahasia Usia tak Ada yang Bisa Menduganya


Ora ngerti, diparingi umur dawa ki amarga akeh dosa apa piye. (Tidak tahu, dikasih umur panjang itu karena kebanyakan dosa atau bagaimana.)- Ali Sahri (92 tahun)

Saat kami datang, tangan keriputnya masih terampil membersihkan bilah-bilah bambu. Senyuman ramah menyambut kedatangan kami yang baru saja turun melihat rahasia sebuah bangunan berbentuk burung yang ada di Dusun Gombong tersebut pada Senin (1/7/2013) kemarin.

Ingatannya masih tajam ketika ditanya mengenai sejarah bangunan tersebut. Pendengarannya juga masih baik. Meskipun Ia mengaku sudah agak tuli.

Dalam penuturannya, kakek dengan 14 cicit tersebut mengaku banyak temannya yang sudah lama meninggal. Ia sendiri bingung mengapa diberi umur panjang oleh Tuhan. “Saya tidak tahu mengapa Tuhan memberi umur panjang. Dikasih umur panjang itu karena kebanyakan dosa atau bagaimana,”katanya sambil menghisap rokok yang baru saja dilintingnya tersebut.

Saat ditanya apa yang dilakukannya sehari-hari. Ia mengaku masih banyak melakukan aktifitas meskipun hanya sewajarnya saja. “Iya, masih mencangkul, ya yang bisa saya kerjakan. Meskipun tidak seperti waktu masih muda dulu,”akunya. Menurutnya sewaktu muda, ia melakukan banyak pekerjaan. Mulai dari menjadi buruh bangunan, mencangkul, mengambil nira kelapa (nderes), dan lainnya.

Usia memang menjadi rahasia Pemilik Segala Isi Jagad Raya. Kita tidak pernah mengetahui kapan dan bagaimana kita akan dipanggilNya. Hanya Dia yang mengetahui. Kita hanya bisa selalu melakukan hal terbaik sampai tiba waktunya.

Seperti halnya yang dilakukan Ali Sahri yang mengaku lahir sekitar tahun 1921 ini. Usia panjang yang Ia miliki justru membuatnya bingung. Diberi usia panjang karena memang sebuah anugrah atau justru karena banyak dosa. Ia tidak tahu dan Ia hanya menjalaninya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: