Nusa Penida Tak Hanya Tempat Wisata


Setiap kita mengetikkan Nusa Penida, Bali di mesin pencarian google maka yang banyak kita temukan adalah lokasi tempat wisata maupun penawaran penginapan. Namun sesungguhnya jika melihatnya dengan cermat, Nusa Penida, Bali tidak hanya menyisakan keindahan wisata semata.

Ada banyak permasalahan pendidikan yang bisa ditemukan. Mulai dari banyaknya siswa putus sekolah karena terbatasnya ekonomi hingga gedung sekolah yang rusak dan tidak layak digunakan sebagai tempat belajar mengajar. Salah satunya adalah SDN 4 Batu Kandik yang terletak di Dusun Dungkap II, Nusa Penida, Klungkung, Bali.

Berdasarkan berita di situs balipost.com kondisi sekolah tersebut sangat memprihatinkan. Genteng sekolah bocor, lantai sekolah yang masih tanah, bangku-bangku ruang kelas banyak yang rusak begitu pula dengan bangunan sekolahnya. Berita tersebut diturunkan per 25 Februari 2013. Belum lama. Benar.

Dan tahukah Anda, bulan Juli 2013 tim Komunitas Book for Mountain (BFM) melakukan survey di sekolah tersebut. BFM tengah mencari lokasi yang akan menjadi tempat untuk melakukan project ke-12 yaitu membangun perpustakaan di Sekolah Dasar yang memang membutuhkan. Selengkapnya mengenai kegiatan komunitas BFM bisa dilihat dan diunduh di sini.

Berdasarkan survey yang dilakukan, tidak ada yang berubah pada sekolah tersebut. Gedung sekolah memang terbuat dari tembok atau semen. Namun sepertinya bangunan tersebut tidak sempurna sejak awal. Dan sebelum benar-benar disempurnakan bangunan tersebut telah kalah oleh waktu dan menyisakan kaca pecah, genteng bocor dan tidak ada plafon. Walhasil di lantai tanah tersebut saat cuaca panas akan sangat berdebu sedangkan saat hujan sudah pasti akan becek. Begitu pula dengan meja dan kursi di ruang kelas, banyak yang rusak.

Ruang Kelas SDN 4 Batu Kandik

Tidak hanya bangunan saja yang kurang layak, sekolah tersebut juga tidak memiliki perpustakaan. Berdasarkan survey yang dilakukan teman-tema Komunitas BFM, sekolah tersebut memang memiliki buku-buku namun yidak tertata. Bahkan bisa dikatakan berserakan. Padahal buku itulah yang menjadi salah satu sumber ilmu bagi anak-anak tersebut.

buku-buku yang berserakan

Minggu pertama hingga minggu kedua September 2013, Komunitas BFM akan melakukan project mereka yang kedua belas di SDN 4 Batu Kandik tersebut. Selama tujuh hingga sepuluh hari tim BFM akan mengajar dan membangun perpustakaan di lokasi tersebut. Setidaknya, meskipun anak-anak tersebut belum memiliki bangunan yang layak disebut sebagai sekolah, setidaknya mereka akan memiliki perpustakaan yang akan membuat mereka jauh lebih pintar dan berpengetahuan. Tim BFM akan mengajak adik-adik SDN 4 Batu Kandik belajar sambil bermain serta mengajak mereka mencintai buku dan membaca.

Jika Anda merasa tergerak untuk memberikan donasi untuk pembelian buku-buku yang akan mengisi perpustakaan mereka maka Anda bisa mengirimkannya melalui rekening Bank Mandiri cabang Diponegoro atas nama Lambang Wicaksono qq Book for Mountain 137 000 985 221 7. Setiap donasi yang diberikan akan digunakan untuk pembelian buku-buku dan alat-alat pengajaran yang diperlukan selama project tersebut. Info lebih lanjut Anda bisa menghubungi @komunitas_BFM Anda juga bisa menghungi melalui email bookformountain@gmail.com . Info lebih lengkap, silakan baca di sini. Dukungan dari Anda semua akan sangat berarti bagi mereka.

*gambar diambil dari blog komunitas BFM

2 responses

  1. kadang memang ironi, satu sisi terekspose dan satu sisi lagi terlupakan,.
    salut untuk kalian yang masih terus memperjuangkan minat baca untuk usia dini, semangat🙂

    1. matur nuwun, sudah mampir di blog ini juga🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: