Blog untuk Senang-senang atau Cari Uang?


Blog untuk Senang-senang atau Cari Uang? tiba-tiba saya kepikiran mengenai hal ini. Mengapa? bukan apa-apa si, secara tiba-tiba saya teringat status twitter orang yang pernah saya baca. Orang tersebut bukan orang yang saya kenal, tetapi kebetulan saja sewaktu saya meng-admin twitter orang lain😀 saya membaca TL nya hihihi,

Waktu itu, dia membuat semacam status yang intinya mengatakan bahwa sebaiknya ngeblog itu ya untuk hobi saja bukan untuk cari uang. Artinya punya blog atau menulis di blog ya untuk senang-senang bukan untuk cari uang. Dan statusnya tersebut di RT temannya yang sepertinya juga suka ngeblog *semacam sok tahu ya :p

Saya kemudian teringat salah satu sahabat saya pernah memiliki sebuah blog, kemudian hanya bertahan beberapa saat karena setelah itu ia memutuskan untuk tidak menulis lagi di blog. Saat itu saya bertanya, “Kok gak nulis lagi di blog?”

“Ngapain. Malu aku. Tulisanku cuma curcol, gak bermutu, beda sama blog mu,” katanya.

Waah! padahal blog ini isinya juga cuma curcol. Ada yang semacam belajar bikin puisi, belajar bikin cerpen dan jelas amburadul😀

Jadi nulis di Blog untuk Senang-senang atau Cari Uang? Sebenarnya semua bisa saja. Namun untuk blog yang dijadikan sebagai sumber untuk memperoleh pemasukan jelas harus dikerjakan lebih serius.

Isinya lebih bermanfaat dan fokus. Selain itu juga dipertimbangkan mengenai jumlah kunjungan setiap harinya. Minimal berapa banyak pengunjung per harinya. Nah, dari hal itu nantinya bisa lebih mudah memperoleh iklan PPC (pay per click) bahkan bisa memasang iklan mandiri.

Kalau isinya cenderung campur-campur dan tidak fokus bahkan cenderung curcol memang kecil kemungkinan bisa mendatangkan pemasukan. Kecuali tulisan curcol tersebut ada benang merah, lucu, banyak dibaca, banyak komentar. Mungkin bisa dijadikan buku🙂

Kalau blog ini belum bisa mendatangkan banyak penghasilan dan memang tidak😀 Secara tidak bisa dipasangi iklan semacam PPC, dll WordPress gratisan memang tidak mendukung semacam ini, beda sama blogspot gratisan😀

Lagi pula, curcol di blog ini juga tidak runut, tidak lucu, tidak ada benang merah😀

Terus bagaimana cara bisa bikin blog yg bikin jadi duit? Bikin blog yang fokus. Kalau suka nulis curcol mending blog nya sendiri dan beda dengan blog buat cari duit. Jadi lebih beda, itu si usul saja. Toh! saya juga belum berhasil membuat blog yang mendatangkan duit hahahaha,

Tetapi dari menulis yang lebih tertata semacam nulis mengenai tips kesehatan, elektronik, dll saya bisa memperoleh pemasukan tambahan, *ciyus😀 Tidak harus menulis di blog sendiri. Fokus tulisan yang serius bisa di blog yang lain. Blog rame-rame semacam blogdetik, kompasiana, dll yang biasanya memiliki banyak member yang bisa dengan mudah membaca tulisan member lainnya.

Awalnya saya iseng gabung di kitaabah.com/ina. Blog tersebut semacam blog pay per post. Jadi tiap bikin tulisan kita dibayar gitu😀 Di blog itu saya menulis lebih tertata dan rapi tidak seperti di blog ini😀

Dari menulis di blog tersebut setidaknya saya sudah pay out a.k.a dibayar dua kali🙂 Walaupun sekarang menulis di blog tersebut sudah tidak dibayar lagi karena alasan tertentu dari admin blog tersebut.

Namun dari menulis di blog tersebut saya memperoleh penawaran untuk menulis atau menjadi penulis tamu  di blog orang lain. Salah satunya di spongeblog.net dimana admin blog tersebut mengirim saya email untuk menulis di blog tersebut.

Dengan senang hati saya pun menyanggupinya. Sayangnya baru dua artikel yang sempat saya buat, admin blog tersebut tiba-tiba menghentikan rencana pay per post di blognya. Hal ini dikarenakan alasan tertentu.

Aah! tapi dua tulisan saya tetap dibayar kok hehehe, Awalnya ditawari akan ditransfer melalui bank tetapi saya memutuskan untuk diganti pulsa saja. Lumayan kan😀

Jadi tips untuk memperoleh pemasukan dari menulis di blog, coba fokus dan serius. Bisa jadi pemasukan tidak berasal dari blog sendiri tetapi dari gaya tulisannya. Saat ini banyak blogger profesional yang mencari pemasukan dari iklan, kemudian mencoba mencari penulis-penulis lepas yang bersedia menjadi penulis tamu di blog mereka dengan bayaran nominal tertentu. Bayaran per artikelnya tidak sebanyak menulis opini di media cetak tapi lumayan😀

Bagaimana tertarik nulis Blog untuk Senang-senang atau Cari Uang? suka-suka aja😀

Leave a Reply

