Mengintip Praktik Komunikasi Politik di Indonesia


resensi buku Komunikasi Politik Teori, Aplikasi dan Strategi di IndonesiaJudul  : Komunikasi Politik : Teori, Aplikasi dan Strategi di Indonesia
Penulis   : Fajar Junaedi
Penerbit : Buku Litera Yogyakarta
Cetakan  : Pertama, Februari 2013
Tebal        : xii + 222 halaman

Perkembangan komunikasi politik Indonesia layak memperoleh perhatian. Terutama bagaimana komunikasi politik tersebut dilakukan berdampingan dengan perkembangan media massa yang ada. Fajar Junaedi menyampaikannya dengan apik dalam Komunikasi Politik : Teori, Aplikasi, dan Strategi di Indonesia.

Buku yang ditulis oleh Dosen Ilmu Komunikasi sekaligus penulis ini menggambarkan dengan runut bagaimana perkembangan komunikasi politik di Indonesia sejak masa kolonial, Orde Lama yaitu masa Presiden Soekarno, kemudian Orde Baru atau masa pemerintahan Presiden Soeharto dan masa Reformasi yang masih berjalan hingga kini. Tidak hanya itu saja, dalam buku ini juga bisa diketahui bagaimana para aktor politik menggunakan media massa sebagai medium komunikasi politik yang dilakukan.

Pada masa kolonial istilah komunikasi politik memang belum dikenal. Namun pada masa itu disebutkan telah tumbuh kesadaran untuk beroragisasi dan melakukan orasi di depan rakyat sebagai bentuk praktik komunikasi politik yang dilakukan. Selain itu para tokoh pergerakan juga menyampaikan pemikiran mereka dengan menulis di berbagai media massa yang diterbitkan dan disebarluaskan pada saat itu. (hlm : 4 – 5)

Sedangkan pada masa Orde Lama, sudah mulai muncul banyak partai politik. Selain itu penggunaan media semakin berkembang. Bahkan beberapa media yang ada merupakan bagian dari partai politik. Akhirnya media digunakan juga sebagai sarana melakukan propaganda. (hlm : 5)

Kita juga diajak kembali ke masa Orde Baru saat hanya ada tiga partai politik yang diakui. Pada saat itu media banyak yang mengalami pembredelan setelah kejadian Malapetaka Lima Belas Januari (Malari). hlm : 12. Dimana pada masa ini bisa dikatakan sebagai masa suram bagi media di Indonesia. Setiap media yang tidak sejalan dengan kebijakan pemerintahan Orde Baru maka akan dicabut Surat Ijin Usaha Penerbitan Pers (SIUPP) mereka sehingga tidak bisa terbit. (hlm:49)

Sedangkan pada masa reformasi, selain muncul lebih banyak partai politik, media juga cenderung mengalami perkembangan pesat dan bebas. Ada banyak media baru bermunculan. Apalagi dengan adanya internet. Komunikasi politik yang dilakukan menggunakan media massa semakin terbuka. Tidak hanya koran, majalah, dan radio saja. Tetapi juga televisi dan internet. Media sosial pun memperoleh porsi untuk digunakan dalam komunikasi politik baik oleh para tokoh politik maupun partai politik itu sendiri.

Buku ini selain memberikan penjelasan teori juga memberikan banyak contoh yang relevan dengan bentuk komunikasi politik yang ada di Indonesia. Teori-teori yang disampaikan juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami bahkan untuk orang awam yang tidak belajar ilmu potik sekalipun. Didukung contoh-contoh terbaru membuat pembaca lebih mudah mengingat dan memahami teori yang disampaikan. Contoh-contoh yang digunakan misalnya pembahasan kesuksesan SBY terpilih menjadi presiden dalam dua periode, kesuksesan Barack Obama sebagai presiden AS pertama dari keturunan Afro-Amerika, kesuksesan Jokowi dalam Pilihan Gubernur DKI Jakarta dll.

Walhasil buku ini tidak hanya cocok untuk para dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi. Namun juga bagi siapa saja yang ingin memahami bagaimana para tokoh politik maupun partai politik menggunakan media massa untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Buku ini juga layak dibaca oleh para kader partai politik agar bisa lebih tepat dalam melakukan komunikasi politik kepada masyarakat. Teori, contoh maupun ulasan dalam buku ini bisa dijadikan pertimbangan dalam melakukan komunikasi politik sehingga belanja iklan politik yang dilakukan juga tepat sasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: