Beda Pengucapan, Beda Pula Artinya


Beda pengucapan, beda pula artinya. Kata-kata ini sering diingatkan agar kita lebih berhati-hati dalam ucapan. Dalam pengucapan bahasa jawa, indonesia, inggris, arab dan lainnya  kata-kata tersebut juga sangat berpengaruh.

Mengapa tiba-tiba menuliskan hal ini? sederhana. Baru saja saya membuka memo hape senter🙂 dan menemukan sebuah catatan yang sayangnya saya lupa menuliskan sumbernya. Kata-kata yang membuat saya menuliskan artikel ini.

Mengenai pengucapan kata amin. Dalam doa bersama, sebagai jamaah pasti akan mengaminkan setiap doa yang diucapkan. Nah, setiap kata amin yang diucapkan mungkin tidak banyak yang menyadarinya, bagaimana pengucapan yang paling tepat. Bahkan mungkin mengacuhkannya. Karena sekali lagi mengingatkan  bahwasanya beda pengucapan, beda pula artinya.

Berikut saya tuliskan seperti yang saya catat dalam memo hape senter saya😀

1. Ketika mengucapkan Amin kata tersebut memiliki arti aman,

2. Ketika mengucapkan Aamin, kata tersebut berarti meminta perlindungan,

3. Sedangkan mengucapkan Amiin, kata tersebut memiliki arti dapat dipercaya. Tentu ingat Nabi Muhammad SAW memiliki sebutan Al-Amiin yang berarti dapat dipercaya.

4. Sementara mengucapkan Aamiin berarti kabulkanlah doa kami.

Nah, melalui penjelasan tersebut tentu sudah jelas bukan, saat kita mendengar doa, atau pembacaan surat Al-Fatihah maka penyebutan Aamiin adalah yang paling tepat karena berarti kabulkanlah doa kami, berarti meminta agar setiap doa tersebut dikabulkan Allah SWT. 

Mohon dikoreksi jika ada kesalahan, karena saya lupa menuliskan sumbernya dari mana di  memo hape, jadi saya hanya menuliskan apa adanya. Sebagai pengingat untuk kita semua🙂

2 responses

  1. haii haii mb… absen🙂

    1. selamat datang kembali😀

Leave a Reply

