Resensi Novel The Firm


resensi novel the firmJudul buku : The Firm

Penulis         : John Grisham

Penerbit       : Gramedia

Cetakan       : Ketiga, Agustus 1997

Tebal            : 711 halaman

Tawaran gaji melimpah dengan bonus-bonus pekerjaan yang nantinya diperoleh tentu saja membuat Mitchell Y. McDeere tertarik. Sebagai lulusan Harvard dan memang tengah membutuhkan pekerjaan, jelas tawaran tersebut tidak ditolaknya. Apalagi gaji yang ditawarkan Biro Hukum Bendini, Lambert & Locke tersebut memberikan penawaran paling tinggi dibandingkan biro hukum lainnya yang juga memberikan penawaran padanya. Namun siapa sangka, keputusannya untuk meneriwa tawaran dari biro hukum Bendini, Lambert & Locke menjadi mimpu buruk baginya.

Siapa sangka, di balik tawaran uang melimpah dari Biro Hukum Bendini, Lambert & Locke tersimpan misteri besar. Biro hukum tersebut ternyata digunakan sebagai kedok pencucian uang. Banyak pengacara yang mati secara tiba-tiba karena kecelakaan, bunuh diri, dan lainnya. Namun semua kematiannya mencurigakan.

Hingga akhirnya ada seorang agen FBI yang menghubungi Mitch dan menceritakan semua kisah mengenai Biro Hukum Bendini, Lambert & Locke. Mitch diajak kerja sama untuk membongkar seluruh kejahatan biro hukum tersebut.

Jelas menjadi hal yang berat untuk dilakukan. Pasalnya Mitch selalu diawasi gerak-geriknya oleh Biro Hukum Bendini, Lambert & Locke. Mulai dari rumah hingga mobilnya telah dipasang penyedap, sehingga setiap perbincangan yang dilakukannya akan diketahui.

Mitch  akhirnya memutuskan untuk membantu FBI dengan syarat utama kakaknya yang tengah dipenjara harus dibebaskan. Mitch juga tidak hanya mengandalkan bantuan FBI. Dengan kecerdikannya, Mitch melakukan berbagai cara untuk membongkar kejahatan Biro Hukum Bendini, Lambert & Locke.

Hingga akhirnya aksinya terbongkar Biro Hukum Bendini, Lambert & Locke. Ia, istrinya dan kakaknya harus melarikan diri dari kejaran biro hukum tersebut dan juga FBI. Akhirnya mereka pun berhasil lolos dan semua bukti mengenai kejahatan biro hukum juga sampai di FBI sehingga bisa digunakan untuk menuntut Biro Hukum Bendini, Lambert & Locke.

John Grisham benar-benar detail dalam menggambarkan profesi seorang pengacara. Bisa jadi karena profesi sebelumnya adalah seorang advokat. Tidak hanya itu saja, melalui novel The Firm ini Grisham mampu mendeskripsikan lokasi, tindakan tokoh, situasi dengan detail. Mampu mengajak pembacanya untuk merasakan ketegangan akibat kejar-kejaran antara biro hukum, FBI dan Mitc  beserta keluarganya.

Bagi penggemar cerita detektif atau misteri, novel ini seharusnya tidak boleh dilewatkan. Apalagi novel ini juga sudah difilmkan, dibintangi Tom Cruise. Sayangnya saya belum pernah menontonnya, alhasil tidak bisa membandingkan antara film dan novel.

Belakangan juga dibuat serial televisinya. Atas persetujuan Grisham, The Firm telah dibuat serial TV dan berbeda dengan novel maupun filmnya. Serial tv tersebut bisa dikatakan kelanjutan petualangan yang dilakukan Mitch, istri dan kakaknya.

Tertarik untuk membaca novel ini, sebaiknya berburu di toko buku bekas, atau toko buku online. Karena untuk keluaran terbaru, buku ini sudah tidak ada lagi.

9 responses

  1. Iya wkt itu aku sekilas liat serialnya di tipi. Kyknya sih bagus.

    1. lebih bikin penasaran karena gak ada di novel😀

      1. Buat yg ngefans sama novelnya, brati wajib tonton nih ya🙂

      2. betul banget!!😀

  2. aq belum baca… iya klo Grisham detil banget, pernah baca judulnya lupa, penasaran tapi sempet bosen dibeberapa bagian saking detilnya..
    udah lama banget ga nulis tentang buku.. tapi minggu lalu aq baca
    agatha christie seruu.. hehe laporan..🙂

    1. iyaaa,
      kalau agatha cristie baru baca satu judul aja😀

  3. manfaat baca buku ini apa ya??

    1. klo manfaat baca buku ini tergantung masing2 pembacanya, bagi saya menambah pengetahuan dan kosakata berbahasa🙂

  4. […] saya pernah menuliskan tentang resensi novel The Firm karya John Grisham. Pada review tersebut saya memuji bagaimana detailnya Grisham menuliskan kinerja […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: