Jogja Susah Air!


Jogja susah air! Mungkin itu berlebihan, yang benar adalah beberapa wilayah di Jogja susah air. Khususnya yang menggunakan sumur sebagai sumber untuk memperoleh air yang dikonsumsi sehari-hari.

Itu fakta! kalau tidak percaya silakan jalan-jalan sekitar Jalan kusumanegara di daerah Gajah, Tahunan, Miliran dan lainnya. Ada banyak sumur warga yang kering atau berkurang airnya. Alhasil banyak yang kesulitan untuk sekedar mandi dan mencuci baju. Mungkin bukan menjadi masalah bagi rumah yang menggunakan air PAM.

Rumah yang saya tumpangi a.k.a indekos, air sumurnya juga berkurang. Alhasil penyedot air a.k.a sanyo tidak mampu menyedotnya, tampungan air pun kosong. Anak kos pun bingung karena air untuk mandi dan mencuci tidak ada.

Apa yang dilakukan? ada yang numpang mandi di kosan teman, di kamar mandi masjid, kamar mandi umum, kamar mandi di SPBU, dan lainnya. Akhirnya kami membuka sumur. Beruntung air tidak benar-benar kering. Hanya saja pipa atau peralon dari pompa air tidak sampai akibatnya air tidak mampu tersedot atau terpompa keluar.

Akhirnya kami mengambil keputusan untuk menimba air. Mencari ember terkecil, mencari tali dan mengikatnya kemudian menjadikannya sebagai timba. Lumayan, daripada tidak bisa menyelesaikan hajat ingin ke kamar mandi🙂

Aah menimba, jadi ingat jaman kecil yang harus antri untuk ambil air di sumur karena air pun keluarnya lama dan sedikit-sedikit. Jadi harus antri untuk mengambil airnya.

Adakah di tempat Anda yang sedang kekurangan air? semoga tidak ya🙂

2 responses

  1. Alhamdulillah tidak, walau air yang keluar dari sanyo mengalirnya mendip-mendip. Moga hujan turun tepat pada siklus musimnya.

    1. alhamdulillah🙂
      di kosan pipanya udah dipanjangin mas, jadi skrg insya allah udah aman😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: