Kurus Tak Berarti Aman dari Kolesterol


Kurus bukan berarti aman dari kolesterol tinggi. Yes! itu fakta! Selama ini menurut saya, ada kecenderungan hanya orang dengan badan yang gemuk yang memiliki kecenderungan mengalami kolesterol tinggi. Hal ini semata karena orang gemuk dianggap memiliki banyak lemak, sehingga memiliki banyak kolesterol.

Padahal tidak selalu demikian. Saya memiliki tinggi sekitar 159 cm dan berat badan sekitar 40 kg. Dengan melihat postur tubuh sudah pasti akan melihat saya orang yang kurus dan kurang lemak. Dan pasti akan jauh dari kolesterol.

Namun, faktanya tidak demikian. Suatu sore, tiba-tiba bagian punggung belakang sakit. Rasanya tiba-tiba padahal saya tidak melakukan aktifitas berat. Rasanya juga sangat mengantuk. Setelah tidur sebentar, saya kemudian ke apotek, ternyata sedang ada pemeriksaan gratis.

Kebetulan! saya pun dengan sukarela menawarkan diri untuk diperiksa. Dan kejutan! kolesterol saya tinggi, pembuluh darah saya tidak lancar, trigiserida saya juga tinggi. Aaah!!!

Meskipun hasil pemeriksaan tersebut belum tentu valid, namun tidak bisa dipungkiri lagi, berdasarkan ciri fisik yang saya alami, saya mengalami tinggi kolesterol.

Ya sudah! artinya saya harus menghentikan sementara kebiasaan favorit saya yaitu makan mi instan dan minum kopi tubruk Aaarrgh.

Intinya, jika Anda memiliki kecenderungan badan kurus, bukan berarti aman dari kolesterol. Kolesterol tinggi akan berpengaruh terhadap kesehatan jantung juga. Hal ini juga terjadi pada saya.

Jadi segera ubah gaya hidup terutama konsumsi makanan, olahraga teratur begitu pula istirahat teratur, yang hingga kini belum bisa saya lakukan huhuhu,

Semoga Anda selalu sehat🙂

Leave a Reply

