Masjid Jami’ Abnais Sabil, Alarm Sholat Tepat Waktu


masjid jami' abnais sabilMasjid Jami’ Abnais Sabil, Alarm Sholat Tepat Waktu mungkin terdengar semacam berlebihan. Namun itulah kenyataannya. Beberapa hari yang lalu, saya memperoleh kesempatan untuk singgah di Banyuwangi. Sebuah wilayah bagian ujung dari Jawa Timur, sangat dekat dengan Bali yang dipisahkan oleh selat Bali.

Saya singgah di Banyuwangi setidaknya selama dua malam, karena ingin mengunjungi Taman Nasional Baluran di Situbondo dan ke Malang.

Saat di Banyuwangi saya bermalam di salah satu tempat kos yang letaknya di gang tepat sebelah Masjid Jami’ Abnais Sabil ini. Saat pertama kali melihatnya, saya langsung berfikir masjid ini sama saja dengan masjid lainnya. Setiap azan suaranya keras namun standar.

Ternyata perkiraan saya meleset. Suara azan maupun pengajian dari masjid yang terletak di depan pelabuhan Ketapang ini sangat keras. Benar-benar alarm untuk sholat tepat waktu. Apalagi di waktu shubuh.

Setiap menjelang sholat, masjid ini selalu memperdengarkan rekaman pembacaan ayat-ayat Al-Quran dengan suara yang keras. Begitu pula saat azan. Selama saya bermalam di Banyuwangi, saya selalu terbangun ketika pembacaan ayat AL-Quran terdengar. Padahal biasanya meskipun di dekat masjid, saya sangat jarang mendengar suara azan shubuh😀

Lokasi masjid dengan tempat kos saya sangat dekat tetapi jarang saya terbangun karena suara azan. Begitu pula saat menginap di Batu Malang, lokasinya penginapan juga di belakang masjid tetapi saya tidak terbangun saat azan shubuh dikumandangkan.

Sangat berbeda ketika berada di Masjid Jami’ Abnais Sabil di Banyuwangi. Jadi jika memiliki kesempatan singgah di Banyuwangi misalnya saat menyeberang akan ke Bali tidak ada salahnya menengok masjid yang luar biasa ini🙂

*gambar ambil di ma3dhy.blogspot.com

Leave a Reply

