Review Film Kabhie Kushi Kabhi Gham (2001)


Kabhi Kushi Kabhie GhamIt’s all about loving your parents – Karan Johar

Ketika berbicara mengenai film yang mengisahkan cinta dan kasih sayang orang tua pada anaknya, hubungan orang tua dengan anak yang disampaikan dengan cara sederhana, film India inilah salah satu yang mewakilinya. Kabhi Kushi Kabhie Gham… (Kadang Susah, Kadang Senang)

Kasih sayang orang tua ada yang diungkapkan ada pula yang tidak. Kebiasaan keluarga, lingkungan pendidikan, budaya akan mempengaruhi bagaimana sikap orang tua terhadap anak-anaknya. Tidak semua orang tua bisa terbuka dan selalu mengatakan bahwa mereka sayang anak-anaknya. Terkadang cara orang tua mengungkapkan kasih sayang terhadap anak-anaknya melalui cara yang tidak dipahami anak-anaknya.

Usia berpengaruh dan cara berfikir tentu saja berpengaruh. Hidup di zaman yang berbeda dengan budaya dan pengaruh teknologi. Anak muda tentu akan lebih terbuka berbeda dengan orang tua yang hidup di masa yang berbeda. Kebudayaan, adat, dan lainnya masih dipegang teguh. Sementara anak-anak cenderung menginginkan kebebasan. Termasuk dalam memilih pasangan.

Film Kabhie Kushi Kabhi Gham ini mewakili perbedaan pendapat antara orang tua dan anak. Film ini mengisahkan keluarga kaya raya yang memegang teguh tradisi keluarga dalam hal apapun termasuk saat memilih pasangan hidup. Ayah (Amitabh Bachchan) menginginkan anaknya memiliki pasangan yang “sesuai dan setara” dengan keluarga. Sementara anak (Shahrukh Khan) menginginkan kebebasan untuk memilih pasangan yaitu menikah dengan wanita pujaannya (Kajol). Karena cinta memang tidak bisa dipaksakan. Hingga akhirnya anak diusir dari keluarga. Hidup berpisah cukup lama membuat ayah dan anak saling merindukan namun sama-sama memegang ego masing-masing. Ayah menunggu anak datang meminta maaf. Sementara anak tidak mau datang karena merasa sudah diusir. Ia akan datang ketika ayahnya memintanya. Ibunyalah (Jaya Bachchan) yang paling menderita. Hingga sang adik (Hrithik Roshan) mencari solusi untuk menyatukan mereka.

Latar belakang film tersebut tentu saja budaya India. Namun hal ini juga banyak terjadi di Indonesia. Anak memutuskan pergi dari rumah karena berbeda pendapat dan tidak mau mengalah, sedangkan orang tua juga tidak mau mendengarkan alasan anak dan memegang teguh keinginannya. Konflik seperti ini bisa terjadi pada berbagai hal tidak hanya soal pilihan pasangan hidup saja. Bisa juga karena pekerjaan, membuka usaha, dan sebagainya. Jika saat ini sedang berbeda pendapat dengan orang tua, berbicara adalah langkah tepat. Seperti penutup dalam film ini.

Film ini menggunakan cerita yang sederhana, tidak berbelit dan mudah dipahami. Tokoh utama dan pendukungnya cukup sentral dan memperoleh porsi yang seimbang. Saling melengkapi dan tepat. Film dengan akhir yang manis, menyenangkan, menghibur dan tidak berat. Sangat tepat untuk mengingatkan bagaimana kasih sayang orang tua terhadap anaknya.

Judul : Kabhi Kushi Kabhie Gham
Sutradara : Karan Johar
Produser : Yash Johar
Pemeran : Amitabh Bachchan, Jaya Bachchan, Saahrukh Khan, Kajol, Hrithik Roshan, Kareena Kapoor, dll

7 responses

  1. Film yg biasa disingkat dengan KKKG, hehehe. Rilis setelah duet Kajol dan Shahrukh Khan yg sebelumnya itu ya? Yg mereka jadi teman di sekolah? Duh apasih judulnya kok mendadak lupa….. Filmnya beken bgt pas aku SMA.

    1. Kuch kuch hota hai Mbak, *entah tulisannya kek mana hahaha

      1. Oiyaaa! Itu dia!

  2. ini juga salah satu film yang berkesan bagiku. untuk cerita-cerita drama cinta dan keluarga, angkat jempol buat film-film India. mereka jagonya…. sekalipun film ini sudah lama, nonton berulangkali rasanya tidak bosan. film-film India yang sekarang rasanya tidak minat lagi. sama, lagu-lagu India pun lebih suka yang dulu, macam cengkok “dangdutnya” khas India banget. meliuk syahdu. ^_^

    1. wooh! seneng film india toh hehe,
      aku klo nonton pilih2 hehe,
      english vinglish hehe,
      kapan2 aku bikin review nya dah, itu film nya bagus😀

      1. agi ndang digawe, tak melok moco…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: