Resensi “Catatan Hati Pengantin” Asma Nadia, dkk


Photo1344

Judul buku = Catatan Hati Pengantin : Kisah dan Berbagai Tips Praktis yang Memandu Agar Selamanya Pengantin Baru.
Penulis = Asma Nadia, Isa Alamsyah, dkk
Penerbit = AsmaNadia Publishing House
Tebal = xviii + 350 halaman
Cetakan = ketiga, Maret 2014
ISBN = 978-602-9055-22-1

Pernikahan bisa menjadi hal yang menyenangkan atau justru mendebarkan. Terutama saat akan menghadapi kehidupan setelah pernikahan. Banyak perbedaan yang semakin ditemukan setelah menjalani pernikahan. Belum lagi ketika harus tinggal bersama mertua, penghasilan pasangan tidak tetap dan sebagainya. Sudah lama mengenal belum menjamin telah mengetahui bagaimana pasangan sesungguhnya. Berbagai macam pertanyaan seputar pernikahan seperti tiada habisnya. Asma Nadia, Isa Alamsyah, dkk menjawabnya melalui Catatan Hati Pengantin : Kisah dan Berbagai Tips Praktis yang Memandu Agar Selamanya Pengantin Baru.

Kesehatan dalam pernikahan menjadi bahasan pertama buku ini. Dimana pasangan sakit atau tiba-tiba meninggal tentu tidak bisa dihindari. Itulah sebabnya, kejujuran di awal sebelum menikah perlu dilakukan. Misalnya menderita penyakit apa, sudah berapa lama dan seterusnya. Sehingga pasangan pun mengetahuinya dan bisa dihadapi bersama-sama. Menyiapkan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, pengendalian makanan, jadwal olahraga dan lainnya.

Permasalahan selanjutnya yang biasa dihadapi dalam pernikahan adalah masalah perekonomian atau finansial. Tidak sedikit permasalahan ini menyebabkan pertengkaran atau perselisihan. Suami kehilangan pekerjaan, usaha bangkrut, penghasilan belum seberapa tetapi pasangan juga harus menghidupi keluarganya seringkali memicu keributan. Pasangan pun mencoba untuk memiliki penghasilan tambahan. Sebagai istri yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga juga bisa mendukung penghasilan suami dengan memiliki sumber penghasilan tanpa meninggalkan peran sebagai istri dan ibu misalnya penulis, penerjemah, bisnis online, pulsa counter, buka warung makan, buka warung dan seterusnya.

Permasalahan dalam pernikahan tidak berhenti begitu saja. Belum lagi adanya perbedaan mulai dari hal kecil hingga besar, perbedaan sifat seringkali memicu keributan. Pernikahan setelah pacaran bertahun-tahun pun tidak menjamin pernikahan tidak akan dihiasi dengan perbedaan pendapat. Belum lagi campur tangan mertua atau saudara sering memperuncing keributan. Permasalahan pernikahan seperti tidak ada habisnya.

Misalnya saja pernikahan yang begitu indah dan terbiasa dengan kehadiran suami bahkan tergantung sepenuhnya pada suami kemudian mendadak suami meninggal dunia. Tidak hanya kehidupan sosial yang goncang tetapi juga kehidupan perkenomian. Biasa menjadi ibu rumah tangga kemudian dihadapkan bahwa sumber penghasilan selama ini telah tiada. (289 – 301)

Membaca buku yang ditulis oleh banyak penulis yang tergabung dalam Komunitas Bisa Menulis Asma Nadia dan Isa Alamsyah ini memberikan banyak pengetahuan. Berbagai kisah mengenai permasalahan dalam pernikahan dalam buku ini merupakan kisah nyata para penulisnya. Bagi pembaca yang ingin menikah, buku ini bisa menjadi pengetahuan awal apa yang perlu dilakukan agar lebih siap menghadapi pernikahan. Sementara bagi pembaca yang sudah menikah bisa menjadi pengetahuan dan refleksi bagaimana pernikahan yang sudah dijalani selama ini.

Buku ini tidak hanya berisi berbagai kisah para penulisnya, tetapi juga dilengkapi dengan catatan Asma Nadia mengenai apa yang harus dilakukan untuk menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi. Selain itu juga dilengkapi dengan kuesioner yang bisa diisi pembaca dan pasangan. Setiap kuesioner tersebut bisa dijadikan bahan diskusi untuk merefleksikan pernikahan yang sudah dijalani sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi.

Banyak buku yang mengulas tentang pernikahan. Namun buku ini lebih mudah dipahami karena berisi kisah nyata para penulisnya dalam menghadapi setiap permasalahan dalam pernikahan, setiap penulis berbagi informasi yang mudah dinikmati dan diresapi. Silakan yang akan menikah atau ingin segera menikah bisa membaca buku ini bersama pasangan hihihi,😀 Bisa juga dijadikan kado pernikahan hihihi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: