Kreasi Kertas Koran 2, Ketika Koran Menjadi Barang yang lebih Menarik


Memanfaatkan kertas koran bekas dengan beragam teknik menjadi kreasi yang menarik serta memiliki nilai jual yang cukup tinggi

Inilah tulisan singkat yang menarik perhatian di kiri bawah pada halaman cover buku Kreasi Kertas Koran 2 karangan Rubiyar. Dengan melihat judulnya saja kita langsung dapat melihat bahwa sebelumnya penulis telah membuat buku dengan judul yang sama hanya berbeda tulisan angka nya :-)

Buku terbitan Tiara Aksa ini terdiri dari 21 halaman di luar cover tentunya. Dan telah mengalami 4 kali cetak sejak terbit pertama kali tahun 2007 hingga sekarang 2010. Cukup menarik untuk ukuran sebuah buku nonfiksi :-)

Kertas koran merupakan salah satu jenis sampah anorganiik, sampah yang sulit diuraikan oleh tanah, jika dibakar akan menyebabkan polusi udara. Seringkali digunakan untuk bungkus makanan atau sebagai alas untuk gorengan. Namun belakangan dilarang karena tinta dari koran-koran tersebut dapat luntur karena minyak dan panas dan hal tersebut membahayakan bagi kesehatan.

Buku ini ditulis oleh Rubiyar untuk memanfaatkan koran sebagai bahan kerajinan. Menjadi barang yang bermanfaat bahkan mungkin bisa menjadi sumber penghasilan jika dijual.

Barang-barang yang bisa dibentuk dari koran-koran bekas tersebut, yang dituliskan oleh Rubiyar dalam buku ini sangat beragam. Mulai dari tempat pensil, keranjang bulan sabit, pigura buah apel (bingkai foto berbentuk seperti apel), gubug (rumah-rumahan), perahu layar, gerobak bunga, hiasan dinding, sepeda onthel, nampan gelas, bunga, hingga gantungan kunci boneka koran.

Tertarik?? baca bukunya, benar-benar sangat menarik dan pasti ingin mencoba membuatnya. Rubiyar mengajak kita membuat barang-barang tersebut step by step. Dengan alat-alat yang sederhana.  Disertai gambar-gambar ilustrasi yang memudahkan bagi pembaca yang akan mempraktikkannya. Cukup dengan Rp 28.000,00 dan kita akan mendapatkan manfaat dengan mampu memanfaatkan kertas koran menjadi barang yang lebih berguna dan sebagai salah satu upaya mengurangi sampah tentu saja :-)

About these ads

4 responses

  1. […] saya teinspirasi sebuah buku yang berjudul Kreasi Kertas Koran 2 karya Rubiyar. Dalam buku tersebut kita diajari untuk memanfaatkan kertas koran menjadi […]

  2. saya sangat tertarik dgn buku2 sejenis ini…tetapi saya hanya punya satu yaitu buku kreasi kertas koran 3…saya ingin punya yg petama dan kedua…saya mau tanya pembeliannya di kaltim
    trima kasih

  3. bisa gk cra2 nya dkrim ke email…..????
    klo bisa tlong dong krim ke email sya
    sya sngat tertarik sekali dengan kreasi tsb

    nachruljinan@gmail.com

    1. boleh mas, ditunggu ya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: